Sabtu, 16 Maret 2013

TIPS PERFORM PARA DRUMMER SUPAYA OKE PAS DI PANGGUNG

1. Kuasai betul lagu/part yang akan dimainkan. BANYAKIN latihan baik SENDIRI + bareng band. Kalo  kita manggung utk SOLO drum, tentu harus banyak latihan sendiri tapi kalo bareng BAND, sebaiknya Latihannya juga banyak bareng BAND. Kenapa? Penjiwaan dan harmonisasi jauh lebih penting daripada teknik individual! Dan juga CHEMISTRY antara setiap anggota band harus dibina. Dengan kata lain se-hati, sejiwa, harmonis. Cuma dengan harmonisasi, penjiwaan, & chemistry yang baik di antara seluruh anggota band, maka MUSIK yang indah dan GROOVE bisa dihasilkan.

2. SIAP MENTAL. Kalo latihan udah cukup, yang gak kalah pentingnya adalah SIAP MENTAL :D alias PE-DE! GROGI/Nervous itu wajar, sobat drummer tapi harus diATUR/diKENDALIKAN. Kalo sampe terlalu grogi bisa kacau semua pas manggung dan akan buyar apa yang udah dilatih sebelumnya. Ini juga yang sering ditanyain ke saya, gimana sih caranya supaya gak grogi (berlebihan) waktu manggung? Saya selalu jawab dengan 2 tips. PERTAMA Sebelum manggung DOA dulu minta bimbingan dan kekuatan Tuhan! Peeenting..! KEDUA coba berdiri tegap di depan kaca tarik nafas dalam2, tunjuk diri sendiri di depan kaca lalu ngomong keras2. “Lo pasti manggung keren! YES!" coba lakukan ini berulang2 sampe "plongg" rasanya! :) kesannya kaya orang gila ya tapi cara ini sudah terbukti sering berhasil dipakai banyak orang lho! SIAP MENTAL juga sangat penting kalo badan kita lagi GAK FIT dan/atau mood lagi GALAU. semua kembali kepada MENTAL Kalo emang kita lagi SAKIT/GALAU, dan harus manggung jangan DIRASA2 SAKIT/GALAUnya! Tapi, just get your ass up there and GIVE YOUR BEST :D yang dalam bahasa indonya berarti “jalaaninnn ajaaa manggungnya dan berikan yg terbaik” :D ENJOY ajaa, sobat drummers. tentunya kalo memang sakit fisik nya agak serius, jangan dipaksakan manggung kesehatan tetap nomor 1!

3. WARMING UP/Pemanasan :D caranya gimana? Sticking sebelum  manggung :D single stroke, double stroke, dsb. Jadi, PENTING untuk bawa PRACTICE PAD kemana2 :D PEMANASAN akan membuat jari dan tangan kita lebih relax.

4. Bawa DRUM GEARS extra utk cadangan: stik drum, kunci drum, head snare. Kalo mau bawa cymbal sendiri, jangan lupa bawa plastic/karet tempat dudukan cymbal untuk menghindari kontak langsung.

5. Kalo bawa cymbal dan snare, jaga baik2 jangan sampe pindah tangan ke orang jahat.

6. Bawa air minum/jus buah :D sebisa mungkin kurangi dan hindari softdrink/alkohol demi kesehatan kita. :)

7. Ajak pacar/gebetan bisa nambah semangatt :D asal jangan pacar/gebetan orang yah hehehe

8. Selalu mikir positif dan mikir bahwa kita manggung untuk menghibur penonton. :)

9. Atur permainan kita pas manggung, jaga emosi.

10. Datang ke lokasi main lebih awal supaya bisa siap2 lebih cepet dan gak terburu2, selain itu juga untuk membiasakan diri dengan tempatnya.

SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar